Naruto Uzumaki Shoulder Pump

Senin, 02 Juni 2014

Krupuk pasir khas Santren

Kerupuk Upil. Kerupuk ini begitu sederhana, baik dari bahan-bahan komposisinya, cara pembuatannya, maupun harganya pun tak kalah sederhana alias murah meriah sekali. Di daerah Kediri, kerupuk ini biasa disebut kerupuk upil. Bukan jorok ya… Pada awal dibuatnya kerupuk ini, kerupuk ini dibuat dengan ukuran kecil-kecil, dan rasanya cenderung asin. Rasa asin inilah yang diidentikkan oleh anak-anak desa sebagai upil (kotoran hidung).
Tak sulit menemukan bahan baku kerupuk upil ini. Hanya tepung tapioka, garam, dan bawang putih. Seperti proses pembuatan kerupuk pada umumnya, setelah diuleni, adonan dikukus untuk kemudian diiris dan dijemur dibawah sinar matahari.
Proses penggorengannya pun tak kalah sederhana, tak perlu berliter-liter minyak untuk menggoren kerupuk upil ini. Warga di Kediri biasanya menggoreng menggunakan pasir panas yang sebelumnya sudah dibersihkan.
Kerupuk ini biasa dipasarkan di pinggir-pinggir jalan, di tempat wisata, di warung-warung, maupun di toko oleh-oleh. Paling nikmat menyantap kerupuk upil dengan cocolan sambal bawang kecap, sambal petis, atau sambal pecel pedas. Dijamin, tak akan berhenti berkremus-kremus kerupuk upil.. ^.^
Bila berminat dan ingin memesan bisa hubungi nomer berikut
087752368346

Tidak ada komentar:

Posting Komentar